INFORMASI :

PELAYANAN ADMINISTRASI WARGA MULAI JAM 08.00 WIB s/d JAM 14.00 WIB | WARGA MINIMAL MEMBAWA KARTU KELUARGA, KTP ( Jika Sudah Punya ) dan Pengantar dari RT/RW Setempat DALAM MASA PANDEMI WARGA YANG DATANG KE BALAIDESA WAJIB MENGENAKAN MASKER DAN CUCU TANGAN SEBELUM MASUK

AROMA ANEH MENYELUBUNGI KANTOR DESA JOGOSIMO

AROMA ANEH MENYELUBUNGI KANTOR DESA JOGOSIMO

Hari ini Senin, 13 Juli 2020 tepat jam 08.00 WIB banyak kobaran api di aula Balaidesa Jogosimo. Tampak ibu - ibu yang serius duduk sambil memegang canting kecil di depan wajan panas, aroma menyengat menyebar keseluruh penjuru ruangan kantor. Kobaran api tungku kompor memanaskan wajan yang berisikan MALAM ( bahan untuk membatik ) sampai meleleh dan berubah menjadi cairan yang nantinya digunakan sebagai bahan menggambar motif pada kain. Pantesan aroma aneh menyelubingi kantor desa selama ini.

Ada 20 ibu - ibu dan remaja disana didampingi oleh Dua orang dari BLK Kabupaten Kebumen. Mereka sedang dilatih membuat BATIK TRADISIONAL KHAS KEBUMEN. Sudah 6 hari mereka melewati pelajaran membuat batik Tradisional Khas Kebumen. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh DISNAKERKUKM Kab. Kebumen dalam rangaka peningkatan dan pelestarian kebudayaan daerah. Rencana pembelajaran ini selama 15 Hari terhitung mulai tanggal 07 Juli 2020 sampai dengan 23 Juli 2020. Acara pembekalan ketrampilan membatik dibuka Oleh Bapak Sigit Basuki, M.M. dari DISNAKERKUKM Kab. Kebumen pada tanggal 07 Juli 2020.

Harapan keberlanjutan dari pelatihan ini yaitu akan menjadikan TKM ( Tenaga Kerja Mandiri ) khususnya dalam pelestarian Batik Khas Kebumen. Saran, bimbingan dan doa senantiasa kami harapkan dari berbagai pihak guna peningkatan produk Batik Batik khususnya dari Desa Jogosimo Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Berita Terkait

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2